8 Langkah Jadi Bintang!

0242001.jpg  Jadi Bintang!


Bintang disini bukan dalam artian dia seorang yang cantik atau menarik secara fisik semata namun mencakup semua hal. Mulai dari cerdas, punya keahlian, pandai bergaul, aktif, dan masih banyak lagi. Nah, bagi Anda yang ingin jadi bintang di tempat kerja, coba simak strategi menjadi bintang di bawah ini:

Modal

IQ, kepribadian, kemampuan bersosialisasi, dan pendidikan adalah modal utama. Hal terpenting adalah merubah kekuatan tersebut menjadi kekuatan yang bergerak. Komunikasikan modal tersebut.

Aktif

Bangun dasar yang kokoh ketika memulai. Itu memberikan kesan yang baik kepada rekan, bos, dan klien Anda. Karenanya inisiatif merupakan langkah pertama untuk menjadi bintang. Inisiatif memiliki empat elemen yaitu melakukan hal di luar deskripsi kerja, membantu yang lain, berani mengambil resiko dan melakukan pekerjaan sampai tuntas.

Kerjasama

Cara terbaik menyelesaikan suatu pekerjaan adalah melalui kerjasama. Jika ingin bagus dalam bekerjasama, kenali apa yang Anda tidak tahu tapi perlu tahu. Lalu siapa yang dapat memberikan pengetahuan itu dan jalin hubungan dengan mereka. Kerjasama merupakan sistem barter. Bila mengharapkan orang untuk bertukar dengan Anda, maka tunjukkan bahwa Anda memiliki sesuatu untuk ditukar. Bersiaplah membantu orang sebelum Anda meminta bantuan.

Pengaturan diri

Banyak pekerja melihat pengaturan waktu kerja sebagai pengaturan diri. Sebenarnya tidak hanya dalam mengatur pekerjaan, tapi juga hubungan dengan orang-orang di sekitar karir dan aset karir Anda. Para bintang mulai mencari-cari tahu enam bulan sebelum proyek selesai dan bertanya, “Pengalaman apa yang saya punya? Tugas apa yang harus saya selesaikan setelah ini agar saya lebih berharga bagi perusahaan?” Mereka mulai memilih proyek berikutnya sebelum menyelesaikan proyek yang sedang dikerjakan.

Berpikiran luas

Jangan hanya melihat sesuatu dari sudut pandang sendiri. Lihat dengan cara yang lebih luas dan sesuaikan dengan cara pikir orang lain.

Pemimpin

Para bintang memiliki kemampuan mempersatukan orang untuk menyelesaikan pekerjaan. Bukan memecat, menaikkan gaji, atau jabatan. Mereka punya tiga komponen seorang pemimpin yang baik yaitu berpengetahuan, membawa energi ke tempat kerja dan lingkungan serta selalu memberikan perhatian pada setiap orang yang terlibat dalam suatu proyek.

Kenali perusahaan Anda

Seluk beluk perusahaan, siapa yang dapat dipercaya dan yang sebaiknya dihindari serta bagaimana mengatur kompetisi dalam organisasi, perlu mendapat perhatian. Buka mata dan cari tahu. Apa pandangan atasan dan pekerja yang lebih lama dari Anda mengenai hal-hal yang sedang terjadi. Jadilah guru sendiri. Jadilah murid di tempat kerja.

Bintang percakapan

Seorang bintang di tempat kerja adalah ahli komunikasi yang hebat. Mereka tahu bagaimana cara membentuk percakapan, membatasinya dan menarik perhatian orang. Untuk itu, gunakan bahasa yang tepat dengan pendengar yang tepat pada waktu yang tepat.


So, bila Anda ingin jadi bintang, mulailah melihat diri Anda dan para bintang di tempat kerja. Apa yang mereka lakukan? Apa yang menyebabkan karir Anda terhambat? Kalo ingin jadi bintang, mulai lah dari sekarang.
Karena, Anda memang layak jadi bintang…![*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: