ENERGI POSITIF SUKSES MULIA


Oleh: Eko Jalu Santoso, Weblog: www.ekojalusantoso.com


Mengapa dalam hidup ini sering kali kita menemukan orang-orang yang hidupnya seolah-olah hanya mementingkan dirinya sendiri ? Mereka tidak peduli dengan lingkungan sekitarnya dan lebih mementingkan kebutuhan dirinya sendiri. Mereka tidak memiliki kepekaan dan kepedulian sosial, namun lebih mementingkan kebutuhannya sendiri. Dalam mengejar kekayaan, mencari ilmu pengetahuan, menggapai kekuasaan hanya untuk memenuhi kepuasan dirinya sendiri tanpa mempedulikan kepentingan orang lain.

Mereka ini adalah orang-orang yang selalu dihantui dengan kecemasan masa depan yang belum pasti yang menguasai pikirannya. Pikirannya selalu dikuasai oleh kekawatiran suatu keadaan di masa mendatang yang belum diketahuinya. Sehingga mereka hidup sebagai pribadi yang egois, yang senang mementingkan diri sendiri. Mereka cenderung menimbun harta kekayaan sebanyak-banyaknya untuk memenuhi kebutuhannya. Mereka tidak menyadari telah menciptakan sendiri kesulitan hidupnya sendiri. Mereka telah merusak hidupnya sendiri dengan melemparkan dirinya menuju kerendahan. Merusak nilai hidupnya sendiri sehingga menjauhkannya dari energi positif bagi kemenangan hidup sejati.

APA ITU ENERGI POSITIF ?


Manusia akan merasakan kehidupan yang lebih indah dengan lebih banyak melepaskan energi positif dari dalam dirinya. Hidup menjadi lebih mudah dengan meningkatkan energi positif dalam hidup bagi kepentingan orang lain. Lalu apakah sebenarnya energi positif dalam diri itu ?

Saya mendefinisikan energi positif dalam hidup merupakan tindakan-tindakan positif atau sikap hidup positif yang setidaknya memenuhi karakeristik, disukai oleh pelakunya sendiri, dikehendaki oleh orang lain, bermanfaat bagi orang lain, memberikan kepuasan dan kebahagiaan bagi orang lain dan dilakukan dengan ikhlas demi tujuan memberikan manfaat bagi diri sendiri dan dunia ini.

Bagaimana agar dapat melepaskan energi positif dari dalam diri kita ? Banyak cara dapat dilakukan agar menghidupkan enrgi positif dan memancarkannya bagi kehidupan sekitar kita. Setidaknya saya berbagai tiga tips dibawah ini yang mungkin bermanfaat untuk kita semua:

1. Meninggalkan Ego Pribadi:

Artinya bagaimana kita dapat mengelola ego dalam diri kita sehingga tidak menjadi penghambat dari sumber energi ayng akan memancar dari dalam diri kita. Caranya sederhana, mulailah dengan berusaha tidak menjadi manusia egoistis, manusia yang hanya mementingkan kepentingan diri sendiri, manusia yang tidak pernah puas dengan kebutuhan diri sendiri.

2. Memikirkan Orang lain.

Berusaha hidup denganbanyak memikirkan orang lain. Manusia yang hidupnya banyak memikirkan orang lain, maka hidupnya besar dan matinya besar. Namanya besar dan meskipun jasadnya sudah mati, namanya tidak pernah mati di hati orang lain sepanjang masa. Banyak contoh mengenai orang-orang besar seperti ini.

Namun sebaliknya orang yang hidup hanya untuk dirinya sendiri, hidupnya kecil dan matinya kecil. Namanya kecil dan begitu mati, namanyapun mati ditelah sejarah.

3. Mengikuti Aturan Hukum Alam

Berdamai dengan hukum alam artinya mengikuti aturan-aturan hukum alam seperti, kalau ingin menajdi orang baik berbuatlah bagi kepada orang lain, kalau ingin sukses berusahalah mensukseskan orang lain, kalau ingin menjadi manusia yang berarti berusahalah memberikan arti bagi orang lain, kalau ingin menjadi orang mulia berusahalah memuliakan orang lain. Maka konsekuensi logisnya akan kita terima kemudian.

Dengan demikian intinya kita tidak melawan kehidupan, tetapi berdamai dengan alam dan kehidupan dunia ini. Dengan berdamai dan merangkul kehidupan dunia ini, akan lebih memudahkan hidup kita, memberikan banyak manfaat bagi kehidupan orang lain, membahagiakan kehidupan orang lain.

Pada akhirnya energi positif ini akan membahagiakan diri kita sendiri dan meningkatkan nilai diri kita bagi kesuksesan hidup mulia yang tak terduga. Kekhawatiran akan kesulitan rejeki dan ketakutan tentang masa depan akan hilang pada saat hidup lebih banyak kita gunakan untuk melepaskan energi positif dengan membantu kepentingan orang lain.

Sumber: Energi Positif Bagi Sukses Mulia Oleh Eko Jalu Santoso, Penulis Buku The Art of Life Revolution, Penerbit Elex Media Komputindo, Founder Motivasi Nurani Indonesia : motivasiindonesia-subscribe@yahoogroups.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: