Cara Tepat ‘Ngambil’ Keputusan


Memutuskan sesuatu yang penting memang bukan perkara mudah. Apalagi jika keputusan tersebut merupakan keputusan yang menentukan bisnis di perusahaan. Tak heran jika anda butuh waktu lama untuk merenungi keputusan yang terbaik. Bahkan tak jarang anda dilanda ‘pusing tujuh keliling’ karena di saat masih berpikir anda sudah harus membuat keputusan secepatnya. Tapi jangan terlalu khawatir, anda yang sedang berpikir untuk mengambil keputusan, coba deh tips singkat berikut ini:

* Pastikan anda mengetahui batas terakhir (deadline) kapan keputusan itu harus ditetapkan. Setelah itu tentukan ‘deadline’ untuk diri sendiri, kapan keputusan tersebut sudah harus anda buat. Catat tanggal yang anda tentukan sebagai batas ‘deadline’.

* Tetapkan dengan jelas kriteria atau kualifikasi keputusan yang harus anda ambil. Misalnya keputusan tersebut harus menguntungkan karyawan dan perusahaan atau keputusan tersebut tidak memberatkan semua pihak.

* Kumpulkan informasi dan data penting yang mempengaruhi hasil keputusan. Karena siapa tahu informasi tersebut diperlukan untuk bahan argumentasi. Jangan lupa untuk menentukan batas waktu pengumpulan informasi.

*Buatlah beberapa alternatif keputusan dari data dan informasi yang telah terkumpul. Pelajari dan pertimbangkan nilai atau bobot masing-masing alternatif tersebut, mana yang paling pas dan tepat.

* Jangan sekalipun berlaku subyektif dalam mengambil keputusan, artinya jangan memilih keputusan yang menguntungkan anda atau sekelompok orang semata.

* Ketika anda telah mempelajari dan mempertimbangkan dengan matang alternatif keputusan tersebut, jangan ragu untuk menentukan keputusan terbaik dari beberapa alternatif keputusan yang ada. Ingat, keragu-raguan hanya akan membuat keputusan yang sudah anda ambil ‘mentah’ kembali.

* Umumkan keputusan yang anda buat pada waktu yang tepat dan telah ditentukan. Pada saat mengumumkan keputusan ini pastikan bahwa anda didukung oleh data yang kuat, akurat, dan relevan. Kalau perlu saat menyampaikannya, katakan bahwa keputusan ini dibuat atas pertimbangan dan pemikiran yang matang dan rasional.

* Jangan takut untuk memaparkan argumen anda, seandainya ada pihak yang keberatan. Jangan sampai komplain atau protes dari penerima keputusan membuat anda berpikir untuk merubah keputusan yang telah anda buat.

Nah kalau keputusan itu sudah bulat, Jangan sampai anda sebagai pembuat keputusan mencemari konsekuensi keputusan yang telah ditetapkan bersama. Selamat mengambil keputusan..!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: