Nikmati Pagi Sebelum Beraktivitas!Jumat, 17 Mei 2002 09:37 WIB

Nah, pakar psikologi bilang, untuk mengatasi semua itu dibutuhkan keseimbangan dalam menjalani hidup ini. Walau sesibuk apapun, Anda tetap perlu meluangkan waktu untuk pribadi, you need time to be yourself! Menurut Lucinda Basset dalam bukunya Life Without Limits, saat yang tepat untuk menikmati waktu pribadi bisa dimulai sejak pagi hari.

Setiap pagi, sebelum memulai rutinitas bangunlah lebih awal. Beri kesempatan bagi diri sendiri untuk santai dan menikmati awal hari baru. Carilah tempat yang istimewa di pagi hari, misalnya di teras depan atau di taman belakang rumah. Resapilah detik-detik sebelum Anda bergelut dengan kesibukan. Anda bisa menikmati secangkir kopi kesukaan Anda sambil membaca berita-berita hangat di surat kabar terbitan pagi.

Sambil menikmati secangkir kopi dan penganan, Anda pun bisa berbincang-bincang dengan pasangan atau keluarga Anda sejenak. Jika Anda belum berkeluarga, Anda bisa menanyakan kabar kekasih Anda di pagi hari lewat telepon. Melakukan aktivitas olahraga ringan, seperti jogging dan bersepeda juga alternatif yang cukup menyenangkan. Saat itu rasakanlah kedamaian udara pagi.

Tentu saja ini tidak berlaku jika Anda bangun kesiangan. Maka, jika Anda ingin menikmati waktu-waktu Anda di pagi hari, bangunlah lebih awal! Menurut Linda, apa yang Anda rasakan saat itu sama pentingnya dengan saat Anda tenggelam dalam pekerjaan. Begitu juga saat Anda mandi di pagi hari. Nikmati kesegarannya, saat air membasahi sekujur tubuh Anda. Lakukan semua kegiatan di pagi hari tanpa beban. Anda harus menikmati semuanya sebelum Anda terperangkap dalam kesibukan.

Jika Anda berangkat kerja dengan kendaraan pribadi, Anda pun harus menikmati perjalanan. Dengarkan musik dan lagu-lagu vaforit Anda. Atau ikuti siaran radio yang cukup menarik. Jika tak ada radio atau tape di mobil, Anda bisa bersenandung sendiri menyanyikan lagu kesukaan Anda. Ingat, ini adalah moment berharga di awal hari. Anda harus menikmati waktu agar joyfully occupied. Sehingga Anda nggak akan stres saat jalanan macet. Buatlah perjalanan yang singkat ataupun panjang menjadi waktu yang menyenangkan. Sehingga Anda pun tidak akan merasa sia-sia telah menghabiskan waktu di jalanan.

Dengan demikian saat Anda tiba di kantor, Anda serasa memiliki semangat dan energi baru yang mengalir di tubuh Anda. Anda pun siap dengan segudang aktivitas. Rapat, presentasi, diskusi, dan semua aktivitas kerja, dapat Anda lalui tanpa beban. Anda juga dapat berinteraksi dengan semua rekan di lingkungan kerja dengan tulus. Anda dapat melewati hari-hari dengan lebih menyenangkan. Nah, Anda yang selalu sibuk, mulai sekarang mulailah menikmati waktu sejak pagi hari. Anda akan merasakan bedanya. Nggak percaya? Coba aja..!

[tri*]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: