Tip’s

Prinsip Sukses dalam BerkarirMinggu, 14 Jul 2002 09:00 WIB

Berikut prinsip sukses tersebut:

* Singkirkan pikiran “bagaimana jika…”
Mungkin Anda pernah mendengar ada rekan Anda berkata:”Saya mau memulai bisnis baru, tapi bagaimana jika saya gagal?”. Singkirkanlah pikiran negatif ini! Karena dalam hal apapun, Anda harus berani menanggung risiko dari setiap langkah dan tindakan yang akan Anda jalani.

* Deskripsikan mimpi Anda
Mimpi yang biasa menari-nari di benak, jangan hanya Anda jadikan angan-angan belaka. Coba Anda deskripsikan dalam tulisan kemudian berusahalah untuk mewujudkannya, dengan usaha keras tentu!

* Segera kerjakan
Sekali Anda sudah menentukan tujuan, maka kerjakanlah! Jangan hanya ada di dalam pikiran. Jika terlalu lama mengendap di otak Anda, Anda akan semakin malas mewujudkannya.

* Kenali kekuatan Anda
Anda ingin karir yang baru. Tapi sebenarnya belum yakin pada keinginan itu. Pertama analisa dulu hal yang paling suka dan sangat ingin Anda kerjakan. Kemudian mintalah untuk dikritik untuk mengetahui kelebihan dan bakat Anda.

* Lakukan penelitian
Kumpulkan informasi sebanyak mungkin agar Anda lebih mudah mengambil keputusan. Jangan sampai menyesal karena Anda terburu-buru.

* Waspadai potensi mendatang
Bila ingin berganti profesi, Anda harus bisa meyakinkan calon atasan terhadap keseriusan Anda. Cari tahu lebih dahulu masalah-masalah yang bakal menghalangi karir baru tersebut. Caranya, Anda bisa bertanya pada kanan-kiri pada rekan kerja Anda. Jika tiba saatnya maka bersiaplah bertempur!

* Kalkulkasikan
Anda harus sanggup membiayai mimpi-mimpi Anda. Berganti bidang usaha misalnya, biasanya menambah biaya. Analisa lebih dulu pengeluaran yang bakal Anda rogoh dari kocek. Lalu jujurlah tentang beberapa hal yang bisa Anda terima.

* Bagi impian Anda
Kumpulkan orang-orang yang mengerti Anda dan siap membantu saat menjalankan mimpi tersebut. Siapa tahu setelah Anda cerita, mereka malah tertarik untuk ikut urun modal. Nah, impian Anda pun bisa segera terwujud,bukan?

* Rencanakan rutenya
Tetapkan deadline untuk setiap tahap. Misalnya, untuk mengumpulkan modal kerja atau mencari informasi pekerjaan baru, tetapkan Anda membutuhkan waktu 1 bulan. Lalu, untuk pelaksanaan awal butuh waktu 2 minggu. Begitu seterusnya.

Jika kesemuanya sudah siap ada satu hal yang tak boleh terlewat, yaitu persiapkan mental!
Karena, sekali Anda sudah memutuskan, Anda mungkin tak dapat kembali. Karenanya, persiapkan mental Anda secara matang. So, Anda yang ingin sukses, nggak ada salahnya Anda coba tips di atas. Good luck…!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: